Senin, 16 September 2019

Peran Konsultan Layanan di Industri Otomotif


Industri otomotif telah mengalami perubahan dan perkembangan luar biasa di abad ke-20 dan sejauh ini tidak ada yang berhenti untuk itu. Sejak peluncuran mobil pertama, berita industri otomotif

melaporkan kenaikan tajam dalam penjualan, karena semakin banyak mobil yang diproduksi. Belakangan ini, dengan begitu banyak liberalisasi ekonomi, skema keuangan yang menarik dan



undang-undang tunjangan pajak dan dengan peningkatan pendapatan masyarakat setempat, penjualan mobil telah mencapai titik tertinggi baru. Namun, dengan perubahan zaman, mental orang telah

berubah dan layanan hari ini yang disediakan oleh produsen mobil memainkan peran penting, terlepas dari desain dan model mobil.

Karena semakin banyak perusahaan terjun ke sektor media sosial otomotif, pembeli memiliki lebih banyak kebebasan untuk memilih yang terbaik dari yang banyak. Tidak seperti jaman dulu, pembeli saat ini

lebih memperhatikan layanan yang diberikan oleh produsen mobil. Dan dengan beragam media di sekitarnya, pembeli meneliti dan mengumpulkan lebih banyak informasi, sebelum mereka memasuki

dealer mobil apa pun. Karenanya, dengan begitu banyak penekanan diberikan pada layanan, peran manajer layanan otomotif sangat penting bagi setiap perusahaan mobil di pasar.

Manajer layanan otomotif tidak hanya mengoordinasikan dan mengawasi tugas-tugas yang dilakukan oleh staf layanan, dia juga mengawasi semua operasi yang dilakukan oleh departemen layanan. Dia

harus memastikan bahwa semua karyawan yang bekerja di bawahnya mematuhi kebijakan perusahaan dan standar serta hukum lain yang berlaku. Karena manajer layanan otomotif berurusan

dengan pelanggan dan departemen layanan, ia harus bersikap kalkulatif untuk menjaga keduanya, pelanggan dan stafnya bahagia. Selain itu, ia perlu memiliki pengetahuan yang layak tentang mekanisme mobil, dan kepribadian yang menyenangkan untuk mempertahankan rasio kepuasan pelanggan.

Mereka yang dipekerjakan dalam pekerjaan manajer layanan harus memastikan retensi pelanggan dengan tidak hanya menyediakan layanan perbaikan dan pemeliharaan tetapi juga dengan

berkomunikasi dan memahami prioritas pelanggan. Dia harus menganalisis dan mengidentifikasi laporan pasar, dan memiliki pemahaman yang baik tentang tren saat ini yang membuat gelombang di

sektor otomotif. Dengan begitu banyak hal dalam satu piring, tidak perlu dikatakan bahwa pekerjaan manajer layanan memerlukan kualitas kepemimpinan, keterampilan manajemen, keterampilan konseling, terlepas dari parameter layanan pelanggan.

Kadang-kadang, itu menjadi tugas yang sulit bagi manajer layanan otomotif untuk mengatasi begitu banyak tanggung jawab dan tugas, yaitu saat ia membutuhkan konsultan layanan, yang akan

membantunya keluar dari jadwal kerjanya yang terlalu padat. Tujuan utama konsultan layanan adalah untuk menasihati manajer layanan, yang dimakamkan di bawah beban kerja yang datang dengan

profil pekerjaan mereka. Konsultan layanan membantu manajer layanan tentang bagaimana mereka dapat melakukan tugas mereka dengan cara yang terorganisir, yang tidak hanya akan menurunkan tingkat stres mereka, tetapi juga memompa lebih banyak produktivitas.

Konsultan layanan juga memberikan wawasan kepada mereka yang berada di pekerjaan manajer layanan atau pekerjaan direktur layanan tentang cara menghitung produktivitas karyawan lain, dan manajer layanan otomotif

mendidik mereka dengan praktik kerja untuk meningkatkan keterampilan layanan pelanggan mereka. Konsultan layanan mengambil pelatihan penasihat layanan sebagai bagian dari modul konsultasi

layanan dan menetapkan standar untuk memastikan karyawan selalu memiliki pendekatan positif terhadap pekerjaan mereka dan diperbarui dengan keterampilan dan pengetahuan sehingga mereka dapat memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan mereka.

0 komentar:

Posting Komentar