Minggu, 19 Juli 2020

Pemimpin Baru

Disco Platina - Adalah praktik umum untuk menunjuk manajer departemen atau sekolah baru dari jajaran guru atau pelatih yang sukses atau, dalam industri, insinyur atau posisi "produksi" lainnya. Orang-orang yang ditunjuk tersebut kadang-kadang memiliki sedikit atau tidak ada pelatihan manajemen praktis. Artikel ini kemudian dapat menjadi "hadiah" penting bagi para manajer yang baru ditunjuk tersebut. Ini menggambarkan praktik manajemen yang ramah otak dan produktif. Manajer yang baik adalah pemimpin yang baik.

Pekerjaan dasar seorang manajer adalah membantu mereka yang melapor kepadanya agar berhasil dalam menyelesaikan misi mereka. Setiap manajer yang bertindak hanya sebagai "bos dan evaluator" tidak memberikan lingkungan yang mendorong produktivitas maksimum kepada anggota timnya. Manajer yang paling efektif memimpin anggota tim mereka dengan tujuan dan sistem yang jelas, mendengarkan secara sensitif, peluang Menjadi Pemimpin untuk terlibat dalam membentuk operasi, peluang untuk pertumbuhan profesional, dan pemantauan yang tidak mengganggu. Tujuan utama adalah memberi anggota tim bantuan ketika mereka membutuhkannya, bukan untuk "menangkap" mereka karena tidak berhasil. Perilaku kepemimpinan yang solid adalah dasar dari manajemen yang baik.

Manajer yang baik fokus pada kebutuhan dasar anggota tim. Kebutuhan dasar tersebut adalah:

1. Milik, 2. Kekuatan pribadi, 3. Kebebasan, 4. Menyenangkan.

Mari kita tinjau masing-masing secara bergantian.

Termasuk. Karyawan dapat menjadi paling produktif jika mereka menganggap diri mereka sebagai anggota tim yang berharga (departemen, divisi, grup). Seorang manajer-pemimpin dapat mendukung persepsi ini dengan:

1. Mengadakan rapat koordinasi berkala untuk menjaga agar semua orang mendapat informasi secara menyeluruh dan memberikan peluang untuk umpan balik, revisi perencanaan, dan diskusi kooperatif.

2. Diskusi lanjutan dengan tim atau anggota individu tentang kemungkinan perubahan dalam misi, peran, sumber daya, dll.

3. Tersedia untuk diskusi ide atau masalah individual.

4. Bersedia, jika memungkinkan, untuk mengatur kondisi kerja khusus untuk mengakomodasi masalah pribadi sementara anggota tim Kepemimpinan yang baik individu (menjadikan kesetiaan proses dua arah).

Kekuatan pribadi. Anggota tim perlu dihormati dan diakui untuk mempertahankan antusiasme mereka. Pemimpin-manajer harus bekerja untuk memastikan bahwa:

1. Setiap anggota tim memiliki tugas penting yang dapat dia selesaikan.

2. Prestasi penting dihargai dengan pengakuan dan, jika memungkinkan, dengan tanggung jawab atau wewenang yang diperluas dan kemajuan gaji.

3. Ide dan saran dari masing-masing anggota tim dipertimbangkan dengan cermat dan jika memungkinkan, digunakan.

Tindakan di atas menunjukkan kepada setiap anggota tim kekuatan dari upaya pribadinya.

Kebebasan. Pemimpin-manajer harus memberi setiap anggota tim wewenang dan kebebasan sebanyak mungkin untuk mengarahkan pekerjaannya sendiri dalam pedoman sekolah, perusahaan atau misi. Memiliki pilihan dan kontrol atas proses kerja sendiri dapat menjadi faktor pendorong utama. Menebak kedua dan mengarahkan berlebihan dari seorang manajer adalah faktor-faktor pendemotivasi utama.

Menyenangkan. Para guru terbaik tahu bahwa produktivitas siswa meningkat dengan penggunaan waktu henti dan periode relaksasi yang cermat. Manajer terbaik tahu bahwa peluang yang seimbang untuk relaksasi, humor, dan bersosialisasi adalah bagian penting dari memotivasi anggota tim.



0 komentar:

Posting Komentar